Yogyakarta Indonesia

Wisata Budaya Keraton Yogyakarta Indonesia

Berbicara tentang keindahan Kota Yogyakarta Indonesia memang tak akan pernah ada habisnya. Selain menawarkan berbagai keindahan panorama yang memanjakan mata, juga sarat dengan peninggalan sejarah dan kebudayaan yang bernilai tinggi. Seperti kita ketahui, Yogyakarta terkenal dengan wisata budayanya dengan berbagai bangunan sejarah dan candi-candi seperti Candi Borobudur, Candi Prambanan, Candi Roro Mendut, Candi Ratu Boko, serta yang menjadi ikon dari keistimewaan Kota Yogyakarta, yakni Keraton Kesultanan Yogyakarta.

Bangunan Keraton

Keraton Kesultanan Yogyakarta atau dengan nama lain Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat, terletak di pusat Kota Yogyakarta Indonesia. Keraton ini merupakan kompleks bangunan yang di dalamnya terdapat berbagai bukti sejarah peninggalan zaman dahulu, yang dibangun dengan arsitektur yang unik, cermat, dan sangat indah. Karena keraton ini merupakan sebuah kompleks bangunan, maka terdapat berbagai bangunan, seperti paviliun utama, pendopo, tempat pagelaran kesenian, tempat menyimpan benda-benda bersejarah serta bangunan lain yang setiap bangunan tersebut memiliki halaman yang cukup luas dan banyak ditumbuhi pepohonan hijau sehingga membuat suasana sekitar keraton menjadi sejuk dan tenang.

Meskipun keraton ini merupakan tempat wisata untuk umum, namun bukan berarti Anda bisa memasukinya dengan bebas karena di setiap bangunan keraton ini dijaga oleh penjaga, baik laki-laki atau perempuan yang bertugas untuk mengawasi setiap pengunjung agar tidak melakukan hal-hal yang merusak keindahan dan kerapihan istana.

Tata Krama di dalam Keraton

Keraton Yogyakarta ini dianggap sebagai suci dan sakral. Oleh karena itu, untuk memasukinya Anda harus memahami peraturan yang sudah ditentukan karena jika tidak, bisa saja Anda tidak diperkenankan memasuki kawasan keraton. Sebaiknya Anda memakai pakaian yang sopan dan bertindak dengan baik pula sebagai tanda bahwa Anda menghormati keraton.

Untuk wisata ke keraton ini, Anda  mempunyai waktu yang terbatas, karena keraton dibuka untuk pengunjung sekitar pukul 8 pagi hingga pukul 12.30 siang. Sedangkan untuk hari Jum’at dan Sabtu, waktu tutupnya lebih pendek yakni pada pukul 11 siang. Nah, jika Anda berkunjung ke Yogyakarta Indonesia jangan lupa untuk mengunjungi istana ini, untuk melengkapi perjalanan wisata Anda.

 

Sumber Gambar:

https://drscdn.500px.org/photo/47183570/m%3D900/a5e8011a240b525eda4e5856a3d8e286

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *