keuangan keluarga

Tips Sukses Berinvestasi sebagai Sumber Keuangan Keluarga

Faktor keuangan menjadi hal yang sangat penting yang harus dibangun dan dikembangkan dalam kehidupan keluarga. Meskipun hal ini bukan satu-satunya yang harus dipikirkan, namun keuangan merupakan faktor terpenting mengukur kadar kesejahteraan. Keuangan keluarga biasanya bersumber dari penghasilan orang tua dari bekerja, namun jika hal itu tidak mencukupi berbagai kebutuhan yang selalu meningkat, maka harus ada cara lain yang menjadi sumber keuangan, diantaranya adalah dengan berinvestasi. Saat ini seringkali kita melihat bahwa orang lain dari rekan kerja ataupun keluarga sudah merencanakan bahkan memulai investasi.

Sebelum anda memulai investasi, anda harus memahami dulu berbagai keuntungan dari kegiatan yang seringkali disebut dengan istilah penanaman modal ini. Investasi membuat modal awal anda menjadi bertambah beberapa kali lipat, bahkan banyak orang yang menganggap investasi sebagai tabungan untuk masa depan. Berikut ini beberapa tips sukses investasi aman yang dapat anda lakukan :

  1. Kuasai teknik analisis
    Dalam menjalankan investasi aman, hal terpenting adalah anda harus mengerti bagaimana membaca situasi pasar saat ini, dan membuat berbagai perkiraan nilai (estimasi). Untuk menguasai hal itu anda bisa belajar melalui broker saham yang bersedia memberikan edukasi kepada investornya.
  1. Cari broker saham baik
    Broker saham yang baik adalah broker yang mau memberikan informasi terbuka tentang fee yang dia dapat dan berbagai kemudahan yang dia berikan dengan jasanya kepada investor. Dalam hal ini salah satu kemudahannya adalah sistem administrasi yang rapi, kemudahan dalam mengakses informasi. Untuk mencari broker terbaik, saat ini anda dapat menemukannya dengan mudah melalui mesin pencari, karena berbagai broker biasa menggunakan layanan google adwords dari perusahaan gopher indonesia untuk memudahkan pencarian para pengunjung di mesin pencari.
  1. Ketahui biaya yang harus anda keluarkan di awal
    Tingginya biaya saham terlebih jika anda menggunakan jasa broker saham, mempengaruhi biaya yang harus anda keluarkan saat membeli atau menjual saham, besaran ini masih diluar pajak dari keuntungan saham yang akan anda dapatkan. Keuntungan tersebut menjadi salah satu sumber keuangan keluarga yang bisa anda kelola.
  1. Monitor performa perusahaan broker saham
    Anda harus selalu mengecek aktivitas perusahaan broker saham anda secara berkala, bisa melalui website yang tersedia.

Demikian ulasan singkat mengenai investasi sebagai salah satu sumber keuangan keluarga, semoga bermanfaat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *