puasa 2015

Tips Sehat dalam Menjalankan Ibadah Puasa 2015

Puasa 2015 tanpa terasa dalam beberapa hari ke depan akan segera dilaksanakan oleh umat Muslim di seluruh dunia. Hanya dalam hitungan hari, kekhasan suasana Ramadhan akan dirasakan di berbagai penjuru dunia, khususnya di Indonesia yang memiliki tradisi yang unik di setiap daerah, misalnya tradisi ngabuburit atau kegiatan mencari hidangan berbuka puasa, serta tradisi membangunkan sahur.

Waktu telah bergulir dan kita kembali memasuki bulan suci Ramadhan. Penentuan tanggal awal puasa 2015 di Indonesia pada tahun ini diperkirakan akan berbarengan antara pandangan atau kesepakatan pemerintah dengan organisasi besar Islam. Berikut ini tips puasa sehat yang bisa Anda jalankan dalam menjalankan ibadah shaum atau puasa.

Tingkatkan kinerja Anda selama berpuasa.

Puasa tidak menjadi alasan menurunnya kinerja Anda, bahkan seharusnya dengan berpuasa efektivitas kinerja Anda semakin meningkat. Manage-lah waktu dengan baik antara waktu kerja atau beraktivitas dan aturlah waktu beristirahat Anda agar Anda mendapatkan cukup energi yang Anda butuhkan pada siang hari. Perbanyaklah ibadah di bulan Ramadhan selain berpuasa, seperti shalat, tadarus Al Qur’an, zakat, umrah, dan sedekah.

Menjaga asupan makanan.

Atasi letih dan lapar selama berpuasa dengan asupan makanan kaya gizi dan bila perlu konsumsi multivitamin. Perbanyaklah minum air mineral setelah berbuka puasa hingga menjelang imsak agar Anda tidak mengalami dehidrasi pada siang hari.

Ketahui jadwal imsak dan jadwal sahur.

Laksanakanlah ibadah shaum atau puasa dengan khusyuk. Pada minggu awal shalat tarawih biasanya di setiap masjid, terutama di wilayah kota, disediakan lembaran jadwal imsak dan jadwal sahur.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *