produk kerajinan kayu

Tanaman Kayu yang Bagus untuk Kerajinan Kayu

Sudah sejak lama kayu digunakan untuk berbagai keperluan, tak terkecuali untuk dijadikan sebagai bahan hiasan. Ada banyak sekali produk kerajinan kayu yang telah dipasarkan, baik di pasar lokal hingga menembus ke kancah internasional. Hal itu tentu menjadi kebanggaan dan sekaligus peningkatan devisa bagi negara kita. Ada banyak alasan mengapa kayu dipilih sebagai salah satu bahan untuk dibuat keajinan, diantaranya karena bahan bakunya sangat mudah didapat, pembuatannya cukup mudah, serta hasil kerajinannya tergolong awet.

Memilih Bahan

Untuk membuat produk kerajinan kayu, tentu Anda harus bisa memilih tanaman kayu yang bagus dan kira-kira dapat digunakan untuk dibuat kerajinan. Karena dari semua tanaman kayu yang ada di Indonesia, tidak semuanya bisa dibentuk dan dibuat sesuai keinginan Anda. Yang paling umum digunakan memang kayu jati, namun tanaman kayu seperti kayu pinus, sengon, albasia, dan masih banyak yang lainnya pun sering digunakan. Biasanya semakin keras kayu yang digunakan, semakin bagus hasilnya, dan tentu harganya pun semakin mahal.

Contoh Produk

Contoh produk kerajinan kayu yang paling umum yaitu kursi. Di Indonesia terkenal kursi Jepara yang khas dengan ukirannya yang sangat indah serta dibuat dari kayu jati berkualitas tinggi sehingga harganya pun bisa mencapai ratusan juta Rupiah. Selain kursi, ada juga lemari, rak, serta berbagai macam perabotan rumah tangga yang terbuat dari kayu.

Nah, selain contoh perabotan rumah tangga yang tadi sudah disebutkan, kini kerajinan kayu juga bisa dibuat dalam bentuk yang kecil dan unik, misalnya dalam pembuatan figura foto, pot bunga, hiasan dinding, tempat menyimpan pensil, atau dibuat mainan anak kecil seperti miniatur binatang, rumah-rumahan, dan masih banyak yang lainnya.

Syarat Sukses

Untuk membuat kerajinan dari kayu ini dibutuhkan keterampilan dan keahlian yang memadai. Selain itu, seorang pengrajin kayu harus memiliki ketekunan dan kesabaran agar bisa menciptakan karya-karya yang inovatif dan berdaya jual tinggi. Pemilihan bahan baku pun harus diperhatikan karena tanaman kayu yang bagus akan menghasilkan produk yang bagus pula. Anda tentu tidak boleh menggunakan bahan baku kayu yang asal-asalan jika ingin hasilnya maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *