seni kerajinan

Seni Kerajinan Unik dari Bahan Cangkang Telur

Sudah sejak duduk di tingkat sekolah dasar kita banyak diajarkan tentang berbagai seni kerajinan. Kebanyakan memang berupa kerajinan tangan dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar kita. Banyak sekali bahan-bahan yang cenderung dibuang dan dianggap tidak berguna lagi, namun dengan sedikit sentuhan seni, bisa dijadikan karya yang bermanfaat dan bahkan bisa dijual dengan nilai ekonomi yang tinggi.

Jenis Bahan Bekas untuk Kerajinan

Banyak sekali barang-barang yang bisa dibuat kerajinan yang bernilai lebih, misalnya koran bekas, kemasan plastik bekas snack, botol air mineral, sedotan minum, dan bahkan cangkang telur. Nah, untuk saat ini kita akan membahas sedikit tentang seni kerajinan dari cangkang telur, yang tidak hanya menjadi karya yang indah namun juga ternyata bisa dijual dan menghasilkan uang sampai jutaan rupiah jika kita mengolahnya dengan sangat baik dan apik.

Bentuk Kerajinan Cangkang Telur

Lazimnya telur memang dimanfaatkan isinya saja, yaitu sebagai bahan makanan yang kaya sumber protein. Dan cangkang telurnya biasanya dibuang sebagai sampah rumah tangga. Namun kini cangkang telur yang sering dibuang itu banyak dicari untuk dibuat sebuah seni kerajinan yang banyak diminati, baik di dalam maupun luar negeri. Ada banyak seni kerajinan dari cangkang telur yang bisa dibuat, misalnya sebagai hiasan kaligrafi, pot, guci, atau celengan dengan motif yang beraneka ragam, atau dibuat sebagai hiasan lampu untuk ruangan tamu.

Sebenarnya hasil kerajinan yang dibuat dari cangkang telur ini bukanlah baru ditemukan akhir-akhir ini. Sejak beberapa tahun silam sudah banyak orang-orang yang membuat produk-produk dari cangkang telur ini namun masih dalam tingkat produksi yang sedikit dan produk yang dibuat pun masih sederhana. Namun kini seiring dengan perkembangan zaman, semakin banyak orang yang mengulik seni kerajinan ini sehingga semakin banyak pula hasil karya yang dihasilkan, misalnya yang paling populer sekarang yaitu lukisan cangkang telur. Lukisan ini dibuat dengan tempelan-tempelan cangkang telur yang disusun berdasarkan pola gambar yang dibuat, kemudian diberi warna yang sesuai, dan hasilnya pun sangat unik dan indah.

 

Sumber Gambar:
https://c1.staticflickr.com/7/6041/6369528723_940bf4945b_b.jpg

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *