industri telekomunikasi Indonesia

Perkembangan Teknologi Telekomunikasi Indonesia

Perkembangan dunia komunikasi memang tumbuh sangat pesat beberapa dekade ini, termasuk jenis alat komunikasi yang dipasarkan serta berbagai fitur yang hampir semuanya kini berbasis internet. Dari segi positif, hal ini menjadi suatu kemudahan bagi para pengguna dalam bidang informasi dan teknologi, namun tak bisa kita hindari juga adanya efek negatif dari kecanggihan teknologi saat ini. Perkembangan yang pesat di dunia telekomunikasi ini tak luput dari peranan para pelaku  industri telekomunikasi Indonesia.

Perkembangan Awal

Industri telekomunikasi Indonesia sudah berkembang sejak tahun 1970-an meskipun saat itu memang masih tergolong sangat sederhana, yaitu hanya terbatas pada penggunaan telepon, telegraf, atau faksimili. Itu pun hanya bisa dinikmati oleh golongan masyarakat kelas menengah ke atas. Namun dewasa ini, sistem telekomunikasi menjadi sarana dan prasarana yang mendukung laju pertumbuhan ekonomi negara kita. Mengapa demikian? Karena kemudahan memperoleh informasi dan data akan semakin memudahkan kita dalam mengambil keputusan-keputusan yang tepat sebagai suatu langkah bisnis. Itulah sebabnya saat ini telekomunikasi sangat menunjang pertumbuhan ekonomi.

Peranan Teknologi

Dalam industri telekomunikasi Indonesia, peranan teknologi sangat berpengaruh karena perkembangan telekomunikasi selalu mengikuti perkembangan teknologi sehingga dikenal istilah teknologi telekomunikasi. Setiap teknologi baru yang muncul maka akan segera diterapkan dalam layanan telekomunikasi kita, begitu seterusnya sehingga kita bisa melihat prospek yang sangat besar dalam perkembangan dunia teknologi telekomunikasi. Meskipun di Indonesia sendiri banyak provider dan perusahaan telekomunikasi, namun pada dasarnya layanan dan fitur yang mereka tawarkan rata-rata sama dalam memberikan kemudahan bagi semua pengguna.

Tantangan Global

Selain banyaknya prospek yang bisa terus digali, dalam bisnis telekomunikasi ini juga terdapat berbagai tantangan yang harus bisa dilewati. Tantangan itu misalnya dalam bentuk persaingan secara global atau liberalisasi negara asing sehingga Indonesia harus mampu bersaing dengan pelaku bisnis telekomunikasi dunia. Tentu saja hal ini bukanlah perkara mudah. Namun kita harus percaya bahwa sebenarnya negara kita mampu menjawab setiap tantangan itu karena Indonesia termasuk salah satu negara yang jumlah penduduknya banyak sehingga pengguna jasa telekomunikasi pun banyak pula.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *