cara berbisnis online

Pentingnya Memahami Cara Berbisnis Online bagi Kemajuan Usaha

Mencoba usaha sendiri atau wirausaha sekarang ini memang layak untuk dilakukan. Apalagi bagi mereka yang sulit untuk mendapatkan pekerjaan, baik untuk menjadi pegawai negeri maupun menjadi karyawan sekarang ini memang sulit jika tidak memiliki skill dan pengetahuan yang tinggi. Selain itu, keterbatasan tingkat pendidikan yang hanya lulusan SMU, misalnya, sangat sulit untuk memiliki kesempatan menjadi pegawai. Menjadi pengusaha sebenarnya tidak perlu memiliki modal yang besar, cukup dengan sedikit modal dan juga kemauan serta motivasi yang tinggi sudah bisa menjadi pengusaha. Profesi ini banyak sekali yang mencobanya karena menjadi pengusaha semuanya serba diatur oleh sendiri, tidak ada yang memerintah. Namun karena itulah kita mesti memiliki pengetahuan dan strategi berbisnis walaupun usaha yang dijalankan masih baru dan kecil. Kita mesti banyak belajar cara berbisnis online ataupun offline dari beberapa ahli atau tulisannya di buku dan media informasi.

Bisnis online merupakan usaha yang sekarang ini sedang populer, terutama mereka kaum muda yang lebih menguasai IT. Banyak cara berbisnis online yang bisa ditiru seperti membuat toko online, memasang iklan, menjadi reseller, dan beberapa internet marketing lainnya yang bisa dilakukan dengan modal kecil, bahkan tanpa modal sekalipun. Sekecil apapun usaha yang kita rintis, kita tetap mesti serius dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut.

1.  Ada dukungan dari keluarga

Dukungan dari orang-orang terdekat dengan kita akan menjadi motivasi bagi kita untuk terus fokus mengembangkan bisnis. Jadi sebaiknya kita meminta dukungan mereka terlebih dahulu sebelum memulainya supaya bisnis kita lancar.

2.  Belajar administrasi secara sederhana

Pengelolaan sebaiknya sangat diperhatikan, terutama masalah administrasi. Banyak pengusaha yang bangkrut karena melalaikan hal tersebut. Oleh karena itu, sejak usaha masih kecil kita harus membiasakan disiplin administrasi walaupun sederhana.

3.  Memiliki target atau goals

Sebagai pengusaha kita mesti memiliki target. Baik itu jangka pendek, menengah, dan panjang. Dengan target tersebut, usaha kita akan benar-benar terarah. Pupuk semangat untuk selalu ingin mengembangkan usaha seperti memakai jasa iklan AdWords untuk mengiklankan usaha yang kita rintis dan mengenalkannya pada masyarakat luas sesuai dengan target kita. Selain itu, kita perlu kerja sama dengan perusahaan jasa periklanan seperti Gopher Indonesia untuk mengelola iklan menjadi iklan yang banyak dibaca konsumen.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *