usaha kerajinan

Peluang Usaha Kerajinan di Indonesia

Kerajinan berpeluang besar sebagai sarana usaha. Dengan modal yang relatif kecil dapat menghasilkan banyak keuntungan. Usaha ini banyak diminati oleh para wanita yang notabennya gemar membuat benda-benda unik dan menarik. Dibutuhkan kreatifitas yang tinggi dalam usaha kerajinan.

Di Indonesia sendiri dapat dikatakan sebagai salah satu negara yang memiliki banyak varian usaha kerajinan. Indonesia memiliki beragam hasil alam yang dapat digunakan sebagai bahan kerajinan yang unik dan diminati oleh pasar internasional. Mulai dari kerajinan berbahan dasar bambu, rotan, kayu, kain perca, dan lain sebagainya.

Sayangnya kreativitas para pengrajin ini tidak diimbangi oleh pemasaran yang baik. Beruntunglah kawula muda yang melek akan internet dan digital marketing dimana dapat dengan mudah mempromosikan produk kerajinannya via website dan sosial media. Bagaimana dengan para pengrajin yang memiliki keterbatasan wawasan? Sayang sekali bukan jika hasil kerja mereka tidak dapat dinikmati masyarakat. Dalam kasus seperti ini pemerintah harus berperan serta dalam proses pemasaran. Misalnya dengan memberikan tempat khusus bagi mereka untuk memasarkan di daerah wisata.

Selain tempat wisata, Indonesia juga memiliki banyak tempat hiburan keluarga hotel, dan restoran. Di tempat-tempat tersebut kerajinan dapat digunakan sebagai produk untuk oleh-oleh khas bagi para pengunjung yang berasal dari luar kota atau bagi para wisatawan.

Akan tetapi kerajinan yang dipasarkan di tempat-tempat wisata, hotel, atau restoran ternama harus benar-benar unik dan memiliki ciri khas budaya. Terutama tempat-tempat wisata terkenal, karena pengunjungnya pasti bukan hanya dari Indonesia saja.

Saat ini Indonesia terkenal dengan “Furniture Handicraft Wholesale Marketplace” mengingat kita memiliki banyak ragam karya kerajinan yang unik dan bercorak khas. Jadi, jangan pernah ragu dan enggan untuk terjun dalam bisnis ini. Mungkin saat ini bisnis kerajinan hanya dikerjakan oleh pengusaha mikro dan kecil, namun jika usaha ini berkelanjutan dan makin berkembang dapat memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia lainnya dan juga mampu mengangkat citra daerah asal kerajinan tersebut dibuat, serta mampu memperkokoh sektor ekonomi Indonesia di skala mikro. Dengan adanya wacana ini kami berharap akan banyak kreator-kreator muda yang lahir di bisnis ini. Peluang Usaha

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *