hasil kerajinan

Mengembangkan Hasil Kerajinan dari Kulit Jagung

Saat ini banyak orang yang tertarik untuk terjun ke dunia bisnis kerajinan tangan karena selain bisa menghasilkan uang hingga jutaan rupiah, bisnis kerajinan juga rata-rata membutuhkan modal yang sedikit dan tempat yang bisa dilakukan di rumah sendiri. Oleh sebab itulah usaha seperti ini disebut sebagai bisnis rumahan. Namun jangan salah, jika dikelola dengan sangat baik dan dikembangkan dengan penuh ketekunan, bisnis rumahan ini nyatanya bisa merambah pasar nasional, bahkan internasional. Menarik, bukan?

Mengenal Kerajinan Kulit Jagung

Nah, sekarang kira-kira hasil kerajinan apa yang akan Anda buat dan Anda jual untuk memperoleh keuntungan? Jawabannya tentu sangat banyak, namun sebelum Anda memutuskan untuk membuat sebuah hasil kerajinan tangan, sebaiknya Anda memiliki pengetahuan yang cukup tentang produk yang akan dibuat, serta cara-cara pengolahannya agar bisa menghasilkan karya yang unik dan bernilai jual tinggi. Dari sekian banyak kerajinan rumahan yang saat ini tengah tren, salah satunya yaitu seni kerajinan dari kulit jagung. Berbagai hiasan dan pernak pernik awalnya dibuat dari bahan dasar kulit jagung, kemudian diberi warna dan dibentuk dengan berbagai macam pola yang unik sehingga menjadi bentuk hiasan yang indah.

Mendapatkan Bahan Baku

Seperti kita ketahui, jagung merupakan salah satu tanaman palawija yang banyak ditanam di pedesaan. Biji jagung dimanfaatkan sebagai salah satu makanan pokok yang banyak mengandung karbohidrat dan cangkang/kulit yang melapisinya kerap dibuang sebagai limbah pertanian. Namun kini, di tangan orang-orang yang kreatif, kulit jagung yang terbuang itu bisa dijadikan sebagai salah satu kerajinan tangan yang mempunyai nilai seni serta bernilai jual tinggi pula.  Tak mengherankan jika saat ini cangkang jagung itu banyak dicari oleh para pengrajin. Bahkan yang dulunya banyak dibuang, kini kulit jagung mentahan bisa dijual dengan harga yang lumayan. Seperti diketahui bahwa dalam satu kali panen, sebuah ladang jagung bisa menghasilkan berpuluh-puluh karung jagung sehingga kulit jagung yang dihasilkan dalam sekali panen pun bisa banyak juga, yang memudahkan pengrajin mendapatkan bahan dasar untuk kerajinan tangan dari kulit jagung.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *