Memulai Bisnis Penyewaan Mobil

Memulai Bisnis Penyewaan Mobil

Bisnis penyewaan mobil saat ini kian bersinar. Tidak hanya pebisnis lama dengan modal besar, pendatang baru dengan modal pas-pasan juga bisa ikut terjun ke bisnis satu ini.  Apakah Anda salah satu yang tertarik dengan usaha penyewaan mobil? Apakah Anda termasuk yang ragu kalau modal kecil tidak bisa memulai bisnis ini? Mari simak pembahasannya berikut ini. Semoga bermanfaat.

Kerja sama dengan pemilik mobil

Mengambil kredit mobil dengan mengandalkan hasil dari bisnis rental mobil? Itu bisa saja dilakukan, tapi Anda harus menyediakan uang yang lumayan besar sebagai uang mukanya.  Belum lagi jika angsuran naik sementara bisnis belum lancar, pasti akan kelimpungan nantinya. Lalu bagaimana pemecahannya? Mudah saja. Bangun relasi dengan orang yang memiliki mobil, baik itu keluarga, teman, dan kerabat lainnya. Yakinkan mereka untuk merentalkan mobilnya di tempat Anda. Buatlah sistem bagi hasil, misal 50:50. Di mana Anda dan pemilik mobil mendapatkan masing-masing 50% dari keuntungan penyewaan mobil.

Kerja sama dengan bengkel

Selain dengan pemilik mobil, kerja sama dengan bengkel juga penting. Dalam hal perawatan mobil, bagi Anda yang tidak mengerti masalah otomotif, akan sangat bergantung pada pihak bengkel tentunya, terutama untuk masalah pemeliharaan dan perbaikan. Bayangkan jika Anda memiliki bengkel langganan, pastinya Anda akan mendapat harga diskon setiap ke sana dan tidak akan ditipu dalam hal penggantian suku cadang.

Selektif memilih armada

Biarpun Anda memiliki bengkel langganan, yang siap sedia setiap saat—jika Anda membutuhkan, tidak ada salahnya memilih armada dengan selektif. Pertimbangannya, pilihlah armada layak jalan yang terjangkau biaya pemeliharaan dan perbaikannya. Bayangkan saja bila mobil Anda sudah tidak layak jalan, tentunya membahayakan bagi sang penyewa. Jika mobil Anda rewel dan sedikit-sedikit butuh perbaikan, tentunya akan membuat biaya produksi membengkak.

Pertimbangan lainnya, pilihlah armada mobil yang banyak disukai pelanggan. Pelanggan biasanya menyukai mobil yang cukup untuk memuat seluruh keluarga. Atau untuk kelas atas, penyewa biasanya suka mobil mewah dengan layanan maksimal.

Selektif dalam memilih sopir

Memilih supir harus sama selektifnya dengan memilih armada mobil. Yang paling penting, pilihlah supir yang berpengalaman. Jangan memilih orang yang baru bisa mengemudi dan belum paham situasi jalanan. Ajarilah sopir Anda untuk senantiasa bersikap sopan dan santun kepada para pelanggan. Kalau sopir yang seperti itu sulit Anda dapatkan, tak ada salahnya untuk menyupiri sendiri mobil sewaan Anda. Pelanggan akan lebih nyaman dan mobil Anda pun akan lebih aman, bukan?

Kreatif dalam berpromosi

Sudah bukan saatnya lagi promosi bisnis hanya dilakukan dari mulut ke mulut. Sudah ada sarana yang memungkinkan Anda menyentuh target market potensial dalam waktu singkat dengan biaya terjangkau. Namanya Internet. Manfaatkanlah internet secara maksimal. Jika tidak mengerti, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan dengan  penyedia jasa periklanan digital, misalnya http://id.gopher.co.id.

Nah,  itu tadi bahasan tentang memulai  bisnis penyewaan mobil. Jangan buang waktu lagi. Siapkanlah segala yang mesti disiapkan dan selamat berbisnis.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *