Masih Ada Peluang untuk Bisnis Jual Beli Besi Bekas

Masih Ada Peluang untuk Bisnis Jual Beli Besi Bekas

Siapa yang tahu bahwa bisnis jual beli besi bekas dapat memberikan keuntungan yang berlipat? Mungkin bagi Anda besi bekas sudah tak ada nilainya lagi atau hanya barang sampah. Namun, ternyata jika didaur ulang mampu menghasilkan omzet yang besar. Karena besi bekas tersebut biasanya diolah kembali untuk diluruskan untuk dicetak menjadi tiang pondasari rumah atau yang lainnya. Maka tak ayal, selama pembangunan masih berlangsung kebutuhan akan material bangunan yang sering kali dibuat dari besi bekas menjadikan bisnis jual beli besi bekas cukup baik. Nah, bagaimana memulai bisnis jual beli besi bekas?

Bagaimana Modalnya?

Tentu hal yang baik jika Anda memiliki modal sendiri. Namun, bagaimana jika tidak? Saat ini sudah banyak bank yang sudah memiliki program peminjaman untuk UKM. Anda bisa memanfaatkan program tersebut untuk meminjam dana modal yang dibutuhkan dan biasanya harus memiliki jaminan.

Menjalin Hubungan Baik dengan Berbagai Pihak

Sebagai pengepul, Anda biasa menerima besi atau barang bekas dari pemulung. Itu berarti Anda harus menjalin hubungan baik dengan mereka. Berikan harga yang pantas bagi barang yang hendak mereka jual demi keuntungan bersama dan terima besi bekas dari pemulung mana pun. Jangan hanya karena dia berada di luar daerah, maka Anda enggan untuk membeli besi bekas dari mereka. Sebagai pengepul Anda juga harus berhubungan baik dengan pihak pabrik besi yang nantinya akan membeli besi bekas dari Anda.

Harus Pintar Memilih Produk

Berhubung sebagai pengepul Anda tak mencari besi bekas sendiri, berarti Anda mendapatkannya dari orang lain. Hal ini membuat Anda harus pintar memilih produk dari pemulung. Hati-hati dalam menerima barang bekas karena sudah banyak orang yang mencuri besi-besi di jalan, seperti rel kereta api. Jika barang yang mereka jual sekiranya masih baru sebaiknya Anda harus waspada agar tak jadi masalah ke depannya.

Sebagai pengepul Anda juga harus berhubungan baik dengan pihak pabrik besi yang nantinya akan membeli besi bekas dari Anda.

Lokasi

Karena biasanya besi bekas sudah memiliki konsumen yang tetap—tak seperti bisnis pakaian atau sembako, misalnya—maka Anda tak perlu mencari lokasi yang strategis apalagi jika jaringan Anda sudah cukup luas. Hal itu tentu akan menekan biaya yang Anda keluarkan nantinya. Namun, setidaknya tetap memperhatikan jalur ke lokasi usaha Anda, misalnya cari lokasi yang mudah dilalui oleh kendaraan besar seperti truk, bukan lokasi dengan gang kecil.

Memperlebar Bisnis Jual Beli Besi Bekas

Jika dirasa sebagai pengepul, bisnis besi bekas Anda cukup berkembang, bagaimana jika memperlebar ke usaha yang lain? Misalnya dengan tetap berbisnis barang-barang bekas, mulai dari sparepart motor, barang elektronik, hingga barang rumah tangga. Hal ini jelas akan membuat keuntungan semakin meningkat.

Promosi

Ada banyak sekali cara promosi yang bisa Anda lakukan. Namun, karena bisnis jual beli besi bekas sudah jelas siapa konsumennya dan siapa saja yang mampu menyuplainya maka sebaiknya lakukan dengan cara konvensional, misalnya dengan mulut ke mulut. Cara ini ternyata masih bisa ampuh untuk pengepul barang bekas.

Saat ini sudah banyak pabrik besi yang mencari penyuplai besi bekas dari pengepul seperti Anda. Jangan lupa untuk rajin-rajin searching mencari pabrik untuk bisa bekerja sama dengan Anda.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *