electronic shop online

Maraknya Penipuan Toko Elektronik Online

Maraknya perkembangan berbagai macam toko online yang menjual berbagai kebutuhan memang mempunyai sisi positif dan negatifnya. Kabar baiknya Anda tidak perlu repot-repot untuk datang sendiri ke toko, memilih tipe yang diinginkan, menawar harga, serta mengangkutnya ke rumah. Cukup dengan berdiam diri saja di rumah, barang yang Anda inginkan akan datang. Cukup klik-klik di internet maka semuanya mudah didapat. Kabar buruknya bahwa perdagangan secara online ini sering dimanfaatkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dengan menipu para konsumen sehingga terkadang membuat Anda ragu ketika akan berbelanja, misalnya di electronic shop online, apakah barang Anda akan sampai atau tidak, atau apakah barang yang Anda beli sesuai pesanan atau tidak?

Perkembangan Modus

Mungkin Anda bertanya-tanya mengapa penipuan dengan modus online shop ini lebih cenderung ke electronic shop online? Sebenarnya bila kita cermati berbagai kasus penipuan yang telah menimpa banyak orang, bisa dipastikan bahwa online shop fiktif bisa saja menjual berbagai kebutuhan, baik itu online shop baju wanita, tas branded, sepatu mahal, dan sebagainya. Namun belakangan kerap muncul modus menjual barang elektronik murah. Tentu bisa kita pahami bahwa barang elektronik memiliki nilai jual yang lebih mahal dari jenis produk lain. Satu item barang elektronik jarang yang harganya ratusan ribu, pada umumnya mulai dari satu juta ke atas. Tentu saja hal ini menjadi santapan empuk para cyber crime.

Tips Menghindari Penipuan

Sejauh ini memang telah banyak electronic shop online fiktif yang telah terbongkar oleh kepolisian, namun tak bisa kita pungkiri bahwa ibarat belut, mereka sangat licin. Ketika kasus mereka terungkap maka akan mudah baginya untuk berganti akun, menghilang, dan berganti lagi dengan nama yang lain. Selain beredar melalui internet, penipuan dengan modus online shop juga acapkali datang melalui jejaring sosial, seperti broadcast BBM, Facebook, dan Twitter. Kita mungkin tidak bisa menghentikan aksi-aksi penipuan tersebut, tetapi kita bisa membekali diri supaya menjadi konsumen yang cerdas saat akan membeli barang elektronik atau barang lainnya secara online.

Sumber Gambar:

https://c2.staticflickr.com/4/3730/10992939515_7d873f889b_z.jpg

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *