Usaha Interior

Langkah Tepat untuk Memulai Usaha Interior Desain

Berkembangnya bisnis properti sekarang ini membuka peluang usaha yang luas untuk desain interior. Usaha interior melejit sejak tahun 2012 disebabkan tingginya channel DIY Network di luar negeri. Nah, sebelum kamu terjun langsung dalam bisnis ini, simak terlebih dahulu langkah-langkah yang harus kamu tempuh:

Langkah 1

Kenali terlebih dahulu perbedaan dari ‘interior desain’ dan ‘dekorator’. Dekorator hanya mengatur nilai estetika ruangan agar tampak proporsional dan menarik tanpa harus menggunakan ilmu arsitektur. Sedangkan desainer interior memiliki pengetahuan yang diperlukan untuk mengubah struktur dan konstruksi bangunan.

Langkah 2

Mempelajari hukum dan ketentuan tentang penggunaan titel ‘desainer interior’. Karena di beberapa negara, seorang desainer interior harus memperoleh gelar dari institusi terpercaya dan berhasil lolos seleksi.

Langkah 3

Terjun dalam bisnis ini kamu harus menguasai seluruh skill di bidang ini. Skill yang harus kamu kuasai antara lain: teori warna, tata ruang, pencahayaan, style dekorasi, sejarah, dan wirausaha.

Langkah 4

Berfokuslah pada salah satu jenis desain. Misalnya kamu hanya khusus mendesain untuk perumahan, desain komersial, modern, kontemporer, mewah, atau one-day decorating sehingga kamu memiliki spesifikasi yang akan memudahkan kamu untuk mencari pangsa pasar.

Langkah 5

Buatlah portofolio untuk bisnis desain interiormu supaya nantinya klien dapat melihat hasil kerja dan kualifikasimu melalui portofolio tersebut. Jika kamu belum memiliki klien, sebagai bahan portofolio kamu bisa memberikan jasa make over ruangan gratis untuk rumah teman-temanmu kemudian memotret hasilnya.

Langkah 6

Bergabunglah dengan berbagai grup interior desain untuk memperluas jaringan bisnis sekaligus mendapatkan peluang kerjasama. Bergabung dengan forum juga membantu memromosikan usaha interior desain milikmu. Keuntungan lain bergabung di forum, yakni bisa saja kamu memperoleh kesempatan untuk memperdalam ilmumu di bidang ini.

Langkah 7

Promosikan portofolio dan hasil kerjamu melalui website. Karena sekarang ini konsumen lebih suka mencari referensi interior desain via online. Website juga mempermudah kamu untuk terhubung secara langsung dengan konsumen.

Nantinya dalam menjalankan bisnis ini, pangsa pasar yang dapat kamu bidik sangat luas. Mulai dari kalangan menengah ke atas yang hanya ingin mempercantik rumah mereka, sampai kerjasama dengan perusahaan, hotel, atau guest house. So, jangan takut jika nantinya kamu tidak mendapat order.

 

Sumber:
http://bisnisukm.com/bisnis-plan-jasa-desain-interior.html
http://smallbusiness.chron.com/establish-interior-design-business-3006.html
http://www.entrepreneur.com/article/190466

Sumber Gambar:
Compfight.com

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *