printer software

Cara Mudah Menginstall Printer Software bagi Pemula

Dalam kehidupan sehari-hari kita tentu sudah tidak asing lagi dengan perangkat komputer karena hampir setiap aspek kegiatan selalu memerlukan komputer untuk mempermudah pekerjaan. Perangkat komputer terdiri atas CPU, monitor, speaker, dan juga dibutuhkan printer untuk mencetak data yang berbentuk teks maupun gambar pada kertas yang telah disediakan. Printer sebenarnya terpisah dari bagian komputer, yang artinya satu printer bisa digunakan untuk komputer yang berbeda-beda, asalkan komputer tersebut sudah diinstall printer software yang disertakan dalam setiap printer yang dibeli.

Mengenal Jenis Printer

Jenis-jenis printer yang beredar di pasaran pun sangat beragam, ada yang bekerja berdasarkan sistem pantek atau disebut dengan dot matrix, ada juga yang bekerja berdasarkan semprotan tinta atau ink, printer laser, printer thermal, serta printer plotter yang digunakan untuk mencetak gambar-gambar berukuran besar dan biasanya digunakan oleh perusahaan percetakan. Meskipun berbeda sistem, secara umum printer-printer ini harus diinstall dulu printer software yang ada supaya bisa digunakan pada komputer Anda.

Cara Install Printer

Bagi Anda yang baru pertama kali membeli printer dan tidak mengetahui cara menginstallnya pada perangkat komputer Anda, berikut ini akan kami sampaikan cara mudah menginstall printer software pada komputer Anda:

  1. Nyalakan komputer Anda dan tunggulah sampai siap untuk digunakan.
  2. Setelah itu, hubungkan kabel data printer dengan komputer Anda, lalu sambungkan pula untuk colokan listriknya.
  3. Pasanglah kabel-kabel itu dengan baik dan benar supaya terdeteksi oleh komputer Anda.
  4. Masukkan CD driver printer yang tersedia di dalam kemasan printer ke dalam DVD-ROM pada CPU atau laptop Anda. Tunggulah beberapa saat sampai driver itu terbaca oleh komputer Anda.
  5. Pada monitor akan muncul permintaan untuk menginstall printer. Ada tulisan “Install” di sana, tinggal Anda klik lalu ikuti petunjuk selanjutnya hingga selesai.
  6. Jika telah selesai, lalu restart komputer Anda dan pastikan bahwa printer telah terinstall. Untuk mengecek apakah printer sudah terinstall atau belum, Anda bisa mengeceknya pada “Control Panel” dan klik bagian “Printer and Faxes”.
  7. Setelah itu, cobalah Anda gunakan printer Anda untuk mencetak tulisan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *