Cara Memulai Bisnis Properti Bagi Pemula

Cara Memulai Bisnis Properti Bagi Pemula

Anda merupakan seorang pemula yang ingin memulai bisnis properti tapi bingung tidak mengetahui cara untuk memulainya?  Anda khawatir tidak memiliki cukup modal? Bagaimanakah cara mencukupi uang modal untuk bisnis properti? Semuanya bisa Anda ketahui dari pembahasan tentang cara memulai bisnis properti bagi pemula berikut ini. Semoga bermanfaat

Belajar bisnis properti

Sebelum melakukan segala sesuatu—termasuk bisnis, Anda sebagai pemula haruslah banyak belajar. Berbisnis properti, tentunya harus belajar bisnis properti. Apakah belajar bisnis properti harus mengenyam pendidikan yang relevan, misalnya arsitektur atau teknik sipil? Tidak juga. Anda bisa belajar dari teman atau pun kerabat yang telah terlebih dulu terjun ke bisnis ini. Bila tidak ada, Anda bisa belajar dari buku-buku yang banyak dijual di toko buku, atau yang lebih murah lagi, belajar melalui internet. Sudah banyak website yang mengulas serba-serbi dunia properti.

Namun jika Anda mau merogoh kocek lebih dalam, ikuti saja seminar dunia properti. Jangan pikirkan harga seminar yang mahal, tapi pikirkan itu sebagai sebuah investasi. Sebuah investasi yang akan anda tuai hasil panennya kelak.

Mencari informasi

Setelah ilmu bisnis properti sudah di tangan, kini saatnya untuk mempraktikkannya.  Lalu bagaimana caranya? Mudah saja, cari dan gali informasi seluas-luasnya yang berkaitan dengan properti. Misalnya, informasi mengenai orang yang ingin menjual rumah dan informasi orang yang sedang mencari tempat tinggal. Untuk mendapatkan informasi seperti ini gampang-gampang sulit. Pasalnya info demikian lebih banyak beredar dari mulut ke mulut. Jadi semakin banyak Anda memiliki jaringan pertemanan, maka semakin banyak pula info yang akan Anda dapat.

Mencari modal

Mencari modal bisa jadi pekerjaan yang paling sulit buat pebisnis pemula seperti Anda. Namun untuk pertama kali, tidak ada salahnya memulai dengan modal seminim mungkin? Wah, adakah bisnis properti yang bermodal minim? Ada. Contohnya dengan menjadi makelar, yang mempertemukan antara pembeli rumah dengan penjual rumah, antara penyewa rumah dengan pemilik rumah.  Keuntungan yang didapatkan dari hasil itu bisa Anda gunakan untuk meluaskan bisnis.

Jika Anda memiliki pekarangan yang luas, sewakanlah kepada Usaha Kecil Menengah. Bila Anda memiliki kamar yang tidak terpakai, dapat membuka usaha kos-kosan. Atau jika memiliki lahan yang lumayan luas bisa membangun perumahan eksklusif berkonsep cluster dengan dana pinjaman dari bank. Perumahan tersebut nantinya Anda bisa jual atau kontrakan.

Melakukan promosi

Tiada bisnis yang bisa berjalan lancar tanpa ditunjang promosi yang baik. Tidak perlu khawatir jika tidak memiliki bujet promosi yang besar. Dewasa ini ada media internet. Dengan melalui internet, Anda bisa menjangkau ribuan bahkan jutaan calon konsumen dalam sekali klik.  Jika tidak tahu caranya, Anda bisa memanfaatkan jasa misalnya http://id.gopher.co.id.  Yakni sebuah perusahaan periklanan digital yang menunjang usaha kecil dan pebisnis pemula.

Nah,  itulah tadi cara memulai bisnis properti bagi pemula. Tidak rumit, kan? So, tunggu apalagi. Segera mulai bisnis Anda sekarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *