Cara Memulai Bisnis Cuci Motor

Cara Memulai Bisnis Cuci Motor

Cara memulai bisnis cuci motor sangatlah mudah dan murah. Anda Tak perlu memakan banyak lahan dan modal. Bahkan dengan modal sekitar enam juta rupiah saja, Anda sudah bisa memulai bisnis ini. Lantas bagaimanakah selengkapnya cara bisnis cuci motor itu? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Membuka tempat cuci motor

Lahan untuk tempat cuci motor tidak perlu mempunyai lahan yang luas. Yang penting cukup untuk 2 -3 motor berjajar atau minimal 3x4meter. Wah, kalau begitu Anda pun bisa membuka bisnis cuci motor di halaman depan rumah, bukan? Lantas bagaimana dengan alat operasionalnya? Hal ini sungguh tidak rumit. Yang dibutuhkan hanyalah pompa air, kompresor, sabun atau sampo motor, kanebo, pengilap cap motor, semir ban dan kuas. Aturlah tata letak tempat usaha cuci motor Anda. Agar pelanggan yang datang bisa menunggu motor yang sedang dicuci dengan nyaman, kalau memungkinkan, sertakan koran, majalan, musik, atau TV sehingga pelanggan Anda tidak merasa bosan. Tambahan lagi, Anda  bisa berjualan makanan ringan di situ. Target pembelinya tentu pelanggan cuci motor Anda. Ini bisa menjadi tambahan penghasilan yang lumayan bukan untuk Anda.

Memilih karyawan

Sebagai langkah awal untuk membuka bisnis cuci mobil, Anda harus mempekerjakan paling tidak dua orang karyawan sebagai tenaga pencuci motor. Merekrut karyawan  untuk tempat cuci motor tidak sulit. Anda cukup mencari remaja atau anak muda yang belum memiliki pekerjaan di lingkungan sekitar Anda. Latihlah mereka agar mampu memberikan excellent service bagi para pelanggan. Bukan sekadar memberikan senyuman, tapi harus member solusi bagi para pelanggan. Buatlah standar prosedur bagi para karyawan Ana. Mulai dari menyapa dan memberi salam kepada pelanggan, sampai pelayanan cuci motor yang cepat dan terjamin.

Program promosi

Semua orang suka hal unik dan menguntungkan bagi mereka. Begitupun Anda selaku pengusaha tempat cuci motor harus membuat program promosi yang unik dan kreatif bagi para pelanggan. Misalnya Anda menjamin cuci motor bisa selesai dalam 20 menit  dan jika melewati batasan 20 menit itu, maka pelanggan tidak perlu membayar. Bisa pula tambahkan jasa mengkilapkan jari-jari motor dan semir ban.

Aneka promosi untuk menarik konsumen baru pun perlu dilakukan. Misalnya, orang yang datang sebelum pukul 10.00 pagi akan mendapat diskon 50%. Atau bisa juga gratis cuci motor untuk pelanggan yang telah mencuci motornya di tempat Anda minimal 10 kali.

Media Promosi

Banyak sarana untuk mempromosikan bisnis cuci motor Anda.  Memasang iklan di media cetak dan elektronik  adalah salah satunya. Namun jika modal Anda pas-pasan, ada solusi lain untuk berpromosi. Misalnya lewat media Internet yang kini semakin banyak yang bisa mengaksesnya. Jika ingin lebih memaksimalkan penggunaan Internet untuk promosi, kerja sama saja  dengan perusahaan periklanan digital, misalnya http://id.gopher.co.id.

Nah,  itu tadi serba-serbi cara bisnis cuci motor. Selamat memulai bisnis cuci motor.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *