bisnis hewan paling menguntungkan

Bisnis Hewan Paling Menguntungkan untuk Idul Adha

Ada berbagai bidang garapan yang dapat dipilih untuk dijadikan sebagai sebuah bisnis yang mendatangkan banyak keuntungan. Bidang garapan itu dimulai dari benda hidup hingga benda mati, mulai dari barang hingga makhluk hidup. Salah satu bidang garapan yang dapat Anda pilih adalah dengan usaha hewan ternak. Hewan ternak menjadi salah satu bisnis hewan paling menguntungkan karena daging hewan tersebut dapat dimanfaatkan untuk makanan dan susu yang dihasilkan dari beberapa hewan ternak dapat dijadikan sebagai minuman dan campuran bahan makanan, bahkan kulit atau bulu hewan ternak tersebut pun dapat dimanfaatkan untuk pembuatan barang–barang tertentu. Berikut ini adalah beberapa contoh bisnis hewan paling menguntungkan, terlebih lagi pada saat Idul Adha atau Lebaran Haji.

Dari sekian banyak hewan yang ada di muka bumi ini, ada beberapa hewan yang dapat dipelihara. Dari sekian hewan yang dapat dipelihara tersebut, ada beberapa hewan yang dipelihara untuk dikonsumsi, dan ada yang dipelihara sebagai hewan peliharaan saja. Dari beberapa kategori tersebut, memelihara hewan ternak menjadi pilihan yang banyak dilakukan oleh para peternak hewan. Berikut ini adalah beberapa contoh hewan ternak yang dapat dijadikan usaha, diantaranya:

Ternak Sapi

Dengan ternak sapi, ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh. Jika Anda berternak sapi perah, Anda berpotensi untuk menjadi seorang pengusaha susu sapi. Bahkan di beberapa daerah tertentu peternak sapi perah mengembangkan usaha mereka dengan membuat produk dari susu seperti permen, keju, dan es krim. Selain susu, sapi jenis lain pun dapat diternakkan untuk dijual dagingnya sebagai kebutuhan makanan dan kulitnya dapat dimanfaatkan untuk membuat kerajinan tertentu, misalnya bedug, tas, dompet, dan sepatu.

Ternak Ayam

Ayam memiliki manfaat juga yang mendatangkan keuntungan berlimpah. Telur ayam dapat dijual sebagai komoditi bahan makanan. Begitu pun dengan daging ayam yang sangat digemari oleh banyak orang. Selain itu, bulu mereka pun dapat dimanfaatkan dalam pembuatan kerajinan seperti kemoceng. Permintaan pasar akan ketersediaan ayam selalu terjadi setiap hari. Menjelang bulan puasa dan Idul Fitri biasanya angka permintaan tersebut meningkat, tidak terkecuali pada saat Idul Adha.

Ternak Domba/Kambing

Hewan ternak domba maupun kambing memiliki daya jual yang sangat tinggi. Kulit domba sangat berpotensi untuk diproduksi sebagai pakaian, seperti jaket, tas, sepatu, ikat pinggang, dan lain sebagainya. Selain itu, dagingnya sangat disukai oleh masyarakat, terutama untuk diolah menjadi sate atau gulai kambing/domba. Kambing kurban atau kambing potong menjadi salah satu hewan ternak favorit pada saat Idul Adha karena harganya yang relatif lebih terjangkau daripada sapi. Daging domba/kambing pun memiliki tingkat permintaan yang cukup stabil pada hari-hari biasa karena banyak masyarakat yang membutuhkannya untuk keperluan aqiqah.

Demikianlah beberapa jenis hewan ternak yang memiliki potensi yang besar untuk Anda kembangkan sebagai bidang bisnis yang menjanjikan. Jika tahun ini Anda tidak sempat mengembangkan bisnis hewan ternak ini, Anda bisa memulainya sesegera mungkin agar tahun depan Anda bisa memanen hasilnya.

Photo Credit: © Frank Lukasseck/Corbis via Corbis Images cc

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *