bisnis besi bangunan

Bagaimana Memulai Bisnis Besi Bangunan?

Tahukah Anda bahwa selama masih ada pembangunan, bisnis properti, jasa kontraktor, dan konsumen bahan bangunan berarti  bisnis besi bangunan tak akan pernah mati? Nah, salah satu material  bangunan yang sangat dibutuhkan dan memiliki harga jual adalah besi bangunan. Anda tertarik? Jika ya, berikut tips berbisnis besi bangunan untuk Anda.

Ketahui Dulu Jenis Besi Bangunan

Ada banyak sekali besi bangunan yang dibutuhkan bagi konsumen. Dengan mengetahui jenis besi bangunan Anda bisa lebih fokus jenis besi apa yang akan Anda jual nantinya. Berikut karakteristiknya.

  • Besi beton: Besi beton merupakan besi yang digunakan untuk penulangan konstruksi beton yang mampu menahan tekanan. Bisa dikatakan besi beton umumnya terdiri dari 3 macam, yaitu besi beton permukaan polos (round bar), besi beton ulir (deformed bar), dan besi beton kanal u (shape).
  • Besi nako: Bisa dikatakan kegunaan besi yang satu ini adalah untuk aksesoris pintu, pagar dan teralis, hingga mebel. Besi nako terdiri dari empat jenis, yaitu nako polos, nako ulir, nako gilas, nako embos yang terdiri dari ukuran 6mm hingga 16mm dengan panjang mulai dari 3M per batang hingga 5M atau sesuai permintaan.
  • Besi pipa ERW: Umum digunakan untuk produksi mesin maupun tabung dekorasi arsitektur, hingga kebutuhan lainnya.
  • Baja Profil: Jenis baja ini bisa digolongkan dalam dua jenis, yaitu Hot Rolled Sections dan Cold Rolled Sections. Baja tipe HRS dibentuk untuk kondisi panas, sedangkan baja tipe CLS dibentuk pada kondisi dingin.
  • Besi Siku: Jenis besi yang satu ini berbentuk siku atau memiliki sudut 90 derajat dengan panjang hingga 6 meter. Kegunaan besi siku ini adalah untuk pembuatan rak besi, tower air, dan sebagainya.
  • Besi Plat: Bisa dikatakan bahwa besi plat memiliki fungsi untuk pembuatan mesin dan kebutuhan industri. Biasanya besi pla digunakan untuk pembuatan mobil, kapal, dan alat transportasi lainnya.

Pilih Lokasi yang Strategis

Seperti di awal dikatakan bahwa bisnis besi bangunan akan memiliki prospek yang cerah jika di sekitar Anda masih ada pembangunan atau sektor propertinya. Maka dari itu pilih lokasi yang strategis untuk memudahkan Anda. Pilih lokasi yang ramai dilalui oleh banyak orang. Tak hanya itu, Anda juga harus peka melihat lokasi yang sekiranya membutuhkan pembangunan. Karena jika dengan dengan pemukiman maka peluang konsumen Anda semakin besar.

Tak Hanya Menjual Besi Bangunan

Salah satu cara untuk meningkatkan prosepek adalah dengan menjual bahan bangunan yang sekiranya dibutuhkan konsumen. Sudah pasti saat membuat sebuah rumah, misalnya, konsumen Anda tak hanya membutuhkan besi saja, bukan? Maka hal itu adalah peluang untuk Anda, misalnya sediakan juga semen, pasir, batu bata, hingga cat yang sekiranya dibutuhkan oleh mereka. Jangan lupa Anda juga harus peka dengan mengetahui jenis atau mereka bahan bangunan yang sekiranya banyak dicari oleh konsumen.

Pelayanan yang Baik

Anda atau karyawan harus menyambut konsumen dengan baik—bahkan walaupun saat mereka hanya ingin bertanya-tanya. Dengan memberikan pelayanan yang baik, Anda secara tak langsung sudah memberikan kepercayaan kepada mereka. Tak hanya itu pelayanan yang baik bukan hanya sikap Anda atau karyawan saja, tetapi berikan promo-promo yang menguntungkan bagi mereka. Misalnya dengan memberikan diskon atau pengiriman barang secara gratis. Maka, penting bagi Anda untuk menyediakan mobil bak untuk investasi usaha Anda.

Salah satu pelayanan yang baik adalah dengan menyuplai barang dalam jumlah tertentu. Jangan sampai, ketika konsumen jauh-jauh ke tempat Anda, barang yang mereka butuhkan malah tak tersedia stocknya. Maka penting bagi Anda untuk selalu menyetok barang. Namun, jika sekiranya barang habis Anda bisa memberikan janji untuk mengirim barang yang mereka butuhkan dalam waktu 24 jam. Jangan membiarkan konsumen menunggu lama karena kemungkinan rasa percaya mereka akan menghilang.

Sumber:
http://bestananda.blogspot.com/2013/08/pengertian-dan-fungsi-besi-beton.html
http://elisa.ugm.ac.id/user/archive/download/81520/bdaff7a45656bab502e5967cd0227897.
http://www.megabajabintaro.com/besi-plat
http://www.kencanamuliasteel.com/products

Tips dan Trik Membuka Bisnis Toko Bangunan


http://poedjiatitan.blogspot.com/2013/11/memulai-usaha-toko-bahan-bangunan.html#.VB-yf5SSyfo

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *