3D Paper Toy

3D Paper Toy, Kerajinan Tangan untuk Bisnis

3D paper model paper toy adalah sebagian kecil peluang usaha kerajinan tangan untuk bisnis yang bisa dilakoni oleh semua orang, termasuk ibu rumah tangga. Mungkin Anda baru mendengar isitilah 3D paper model. Namun, Anda pasti tahu dengan seni melipat kertas asal Jepang, origami? Bisa dikatakan, 3D paper model ini adalah bentuk evolusinya yang di Jepang disebut segabai ichi no gami. 3D paper model memanfaatkan kertas sebagai bahan utama untuk dijadikan sebuah tokoh—misalnya anime atau kartun—berbentuk tiga dimensi.
Bisa dikatakan seni melipat kertas yang satu ini sangatlah mudah dan cukup terjangkau. Anda hanya perlu mencari tokoh yang akan dibuat, menggunting pola yang sudah ada, melipat, menempel, dan membangun kurvanya. Kemudahan dan daya tarik yang cukup tinggi itulah menjadikan 3D paper toy menjadi sebuah peluang usaha bagi masyarakat Indonesia.  Salah satunya adalah Faisal Azad yang sudah menekuni bisnis ini sejak 2007. Dengan modal yang terbilang murah dan mudah, Faisal mampu mengantongi omzet hingga Rp 20 juta per bulan. Nominal yang cukup fantastis bagi sebuah kerajinan tangan.
Melihat peluang itu, apakah Anda juga tertarik membuka bisnis ini? Perlu ada ketahui sedikit, bahwa biasanya peminat dari bisnis kerajinan tangan yang satu ini adalah anak kecil. Maka dari itu, Anda hanya perlu mencari tokoh yang sedang digemari oleh anak-anak, misalnya tokoh heroik seperti Ironman, Captain America, Batman atau yang lainnya. Anda juga bisa memanfaatkan tokoh-tokoh wayang Indonesia atau mungkin hewan-hewan yang banyak disukai oleh anak kecil. Ciptakan sebuah tokoh yang sekiranya lucu dan menarik perhatian target usaha Anda.
Manfaatkan sarana internet, seperti social media dan blog jika ingin mempromosikan bisnis yang satu ini. Buat sebuah social media yang interaktif dengan target usaha Anda. Bahkan jika modal Anda cukup besar, Anda bisa menyetok dalam jumlah banyak dengan pemberian label dan izin usaha agar produk Anda bisa ditawarkan melalui toko mainan.
Nah, seperti apa membuat 3D paper model ini? Mudah sekali.
1.      Sebelumnya ada beberapa peralatan untuk membuat 3D paper toys ini. Di antaranya adalah kertas dengan ketebalan > 100 gsm, cutter, lem, gunting, cutter pen, cutting mat, dan penggaris, dan sebuah computer sertan printer.
2.      Langkah pertamanya adalah Anda harus bisa membuat pola tokoh dengan mendesainnya melalui software pengolah desain. Namun, jangan khawatir, jika Anda tak memiliki kemampuan tersebut, silakanmendownload pola tokoh yang tersebar di beberapa situs. Di antaranya adalah Stcraft, Perikertas, Bamboogila, Omochagami, atau Salazad. Di sanalah Anda akan menemukan banyak tokoh yang bisa Anda download gratis.
3.      Setelah Anda mendownloadnya, print template tokoh yang sudah dipilih.
4.      Dengan mengikuti garis, potong pola templatenya.
5.      Langkah terakhirnya lipat pola yang sebelunya Anda potong kemudian rekatkan dengan lem.

Bagaimana? Mudah bukan membuat 3D paper toy satu ini? Anda hanya memerlukan modal yang telah disebutkan di atas dan tentunya tak perlu mengeluarkan dalam jumlah yang besar dibandingkan bisnis yang lain. Maka dari itu, karena modal yang kecil sebaiknya Anda mematok harga yang tak begitu besar, mengingat target usaha Anda adalah anak kecil.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *